Diberdayakan oleh Blogger.

LEUKEMIA ANAK BISA SEMBUH... ASAL...

>> Jumat, 11 Maret 2011

LEUKEMIA ANAK BISA SEMBUH...


Kanker pada anak banyak jenisnya, beberapa yang cukup sering ditemukan adalah kanker darah (leukemia), tumor otak, tumor mata (retinoblastoma), kanker kelenjar getah bening (limfoma), dan kanker saraf (neuroblastoma).

Sampai saat ini penyebab kanker pada anak masih terus diteliti perkembangannya. Diperkirakan faktor genetik dan faktor lingkungan dapat mencetuskan pertumbuhan sel yang tak normal. Faktor lingkungan seperti radiasi, obat-obatan, dan hormon tertentu yang dikonsumsi ibu saat hamil muda dapat menjadi faktor pencetus kanker pada anak.

Leukemia bisa sembuh

Dari banyaknya jenis kanker pada anak, leukemia adalah salah satu kanker yang berdampak cerah. Selain cukup banyak dijumpai, anak dengan leukemia mempunyai harapan sembuh bila diobati secara cepat, tepat, dan benar.



Cermati gejalanya

  • Adanya bintik putih pada mata atau “mata kucing”, penglihatan terganggu, bola mata nampak lebih besar dan/atau menonjol, perdarahan mata spontan, juling mendadak. Umumnya muncul sebelum usia 4 tahun
  • Teraba benjolan atau bengkak pada hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening, dan tulang
  • Nyeri pada tulang atau sendi
  • Sakit kepala terus menerus disertai mual muntah saat bangun tidur, pusing tujuh keliling, kesadarannya terganggu, kejang, perilaku berubah, lumpuh
  • Pucat, sering demam yang tidak diketahui sebabnya, sering berdarah (mimisan, memar, gusi berdarah, kencing berdarah), berat badan menurun, dan tidak nafsu makan.

Leukemia terbanyak pada anak adalah leukemia limfoblastik akut, dan untungnya inilah jenis leukemia yang selama ini relatif dapat disembuhkan.
Pada leukemia akut, terjadi pembelahan sel darah yang amat cepat hingga menghasilkan sel yang tidak matang dan tak berfungsi. Akibatnya, jumlah sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit tidak cukup menimbulkan gejala anak penderita leukimia, sering sakit, anemia, dan mudah berdarah.


Butuh kesabaran

Harapan sembuh akan semakin besar bila leukemia diobati secara dini. Memang dalam mengobati kanker, dibutuhkan kesabaran baik dari anak maupun orangtua. Pengobatan leukemia yang utama saat ini hanyalah kemoterapi. Dan saat pengobatan, banyak efek samping yang harus dihadapi si kecil seperti risiko mudah infeksi, mual, muntah, rambut rontok, sariawan di mulut, diare, dan sebagainya. Sehingga, terapi kemoterapi harus disertai pula dengan terapi lainnya seperti nutrisi yang baik, obat-obatan penunjang, cairan yang cukup, ruangan yang khusus, dan jika perlu terapi psikologi untuk menunjang penyembuhannya.

Seorang anak yang diduga leukemia tak hanya menjalani pemeriksaan darah biasa. Untuk memastikannya diperlukan biopsi yang diambil langsung dari sumsum tulang. Selain itu, dokter juga akan melihat apakah leukemia sudah menyerang organ-organ tubuh dengan serangkaian pemeriksaan seperti pengambilan cairan dari tulang belakang, CT-scan, dan sebagainya. Semua ini dibutuhkan untuk menentukan jenis terapi terbaik untuk anak penderita leukemia, juga kemungkinannya untuk sembuh.


Setelah kemoterapi, anak penderita leukemia akan dievaluasi dan diikuti perkembangannya hingga 5-10 tahun untuk dinyatakan sembuh total. Bila di pertengahan, gejala muncul kembali dan ditemukan sel leukemia, maka anak dinyatakan kambuh dan diperlukan pengobatan lebih lanjut.


IMMUNITAS
Sistem imun ( antibodi) sebagai
daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai virus, sangatlah berperan dalam proses terjadinya infeksi pada tahap awal maupun saat proses pengobatan. Jenis virus tidak dapat diobati atau disembuhkan dengan antibiotik. Selain antibiotik dapat merusak organ yang tidak semestinya, antibiotik hanya berfungsi meredam dan menenangkan serangan virus. Cegah dan perangi virus sejak dini, sebelum terjadi infeksi yang dapat menguasai kesehatan anda.

TRANSFER FACTOR ADALAH SOLUSI MASALAH SERANGAN VIRUS. MOLEKUL PENDIDIK SISTEM IMMUN TERBAIK SAAT INI. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH HINGGA 437%,setiap hari..

INFORMASI KEPEDULIAN ANDA
HUB : 021 95696922 / 082114012069

0 komentar:

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP